Sabtu, 05 Maret 2016

KARYA ILMAH



BAB I
PENDAHULUAN
A.      Absatrak
Didalam persaingan bisnis kita tidak hanya dituntut untuk mengetahui apa yang terjadi didalam bisnis kita, tetapi juga dituntut untuk mengetahui apa yang sedang terjadi diluar yang dapat mempengaruhi bisnis kita? Kebayakan seseorang terlalu fokus untuk mempersiapkan strategi dari dalam tapi tidak menghiraukan keadan ekternal yang dapat mempengaruhi bisnis-nya. Oleh karena itu biasa terjadi sebuah gap antara business plan / strategic yang mereka buat dengan keadaan realita dilapangan-nya. Untuk membantu mengurangi gap yang terjadi kita bisa menggunakan PESTEL analysis untuk mengetahui keadaan external yang mempengaruhi bisnis kita.

B.      Rumusan masalah
1.      Apa saja langkah yang harus diambil untuk memulai berbisnis ?
2.      Apa saja factor eksternal yang mempengaruhi bisnis ?

C.      Tujuan
1.      Untuk memenuhi mata kuliah Lingkungan Bisinis.
2.      Untuk mengetahui factor eksternal yang mempengaruhi bisnis .
3.      Untuk mengetahui langkah yang harus dambil untuk memulai bisnis.

























BAB II
PEMBAHASAN

A.     Langkah yang harus diambil untuk memulai berbisnis
Dari buku yang ditulis oleh ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta yaitu bapak prof. M. Suyanto yang berjudul 11 Rahasia Memulai Bisnis Tanpa Uang, cara memulai bisnis tanpa modal ini adalah dengan cara seperti di bawah ini :
1. Sikap mental positif sebagai landasan
2. Menciptakan visi dan strategi
3. Ambil langkah untuk memulai usaha
4. Rahasia memulai usaha tanpa uang
5. Terima kegagalan sebagai pelajaran
6.  Insyaallah kita menjadi smart entrepreneur

            Sumber : buku 11 Rahasia Memulai Bisnis Tanpa Uang karya M. Suyanto

B.      Factor eksternal yang mempengaruhi bisnis
1.      Politik
Politik dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi bisnis anda. Terkadang kebijakan politik, atau pemilihan seseorang didalam politik sering kali mempengaruhi sentimen daya beli masyarakat. Ada baiknya kita perlu melakukan kajian evaluasi bagaimana strategi yang kita buat dengan keadaan politik yang terjadi saat ini untuk meminimal kan resiko yang ada.
2.      Ekonomi
Faktor Ekonomi menjadi salah satu yang sering kita perhatikan didalam membuat suatu strategi bisnis. Adakah kebijakan ekonomi yang baru yang mempengaruhi bisnis kita? Apakah ada regulasi yang perlu kita waspadai? Bagaimana dengan kestabilan inflasi? Suku bunga? Daya beli konsumen? Hal ini perlu kita perhatikan untuk mendapatkan strategi yang tepat dan sejalan dengan kebijakan perekonomian yang ada.
3.      Social
Faktor social juga perlu kita pleajari lebih dalam untuk mengetahui kultur dari masyarakat atau konsumen kita. Apakah produk dan jasa kita cocok untuk konsumen kita? Bagaimana reaksi masyarakat terhadap suatu informasi produk atau jasa kita? Bagaimana reaksi masyarakat dalam menerima produk atau jasa kita? Apa yang harus dilakukan agar produk atau jasa dapat lebih di terima dan mengambil perhatian konsumen. Mengetahui hal ini dapat memberikan keuntungan bagi kita dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat.
4.      Technology
Dengan jaman semakin canggih maka kita harus mengetahui bagaimana teknologi berpengaruh kepada bisnis kita? Apa yang bisa kita optimalkan dari teknologi yang ada saat ini? Apakah kita dapat menjangkau konsumen kita dengan menggunakan kecanggihan teknologi? Dapatkah kita meingkatkan consumer awareness dengan teknologi yang ada? atau melakukan transaksi melalui tanpa harus bertemu? Mengetahui hal ini akan sangat membantu anda dalam mengoptimalkan langkah strategi anda didalam persaingan bisnis.
5.      Environment
Hal berikutnya adalah aspek lingkungan, dimana saat ini masyarakat sudah lebih sadar akan pentingnya ECO Friendly. Nah bagaimana dengan produk dan jasa apakah sudah termasuk didalam-nya? Baik dari kemasan-nya, prosedur operasional nya? Ini perlu diperhatikan agar apa yang anda rencanakan dapat sesuai dengan ekspektasi keadaan lingkungan yang ada.
6.      Legal and law
Yang terakhir dan sangat penting untuk diperhatikan adalah legalitas dan hukum yang berlaku. Apakah ada perubahan hukum dan legal didalam bisnis yang anda jalankan? Apakah ada point-point penting yang perlu kita perhatikan baik dari sisi produk atau jasa yang kita tawarkan dan dari sisi perlindungan konsumen? Apakah harus mengikuti uji standard didalam suatu negara? Kesalahan analisa dari sisi legal maupun law dapat memberikan dampak yang sangat fatal bagi bisnis anda.  


























BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
Dalam memulai sebuah usaha harus dilandasi semangat yang positif dan rasa tidak putus asa. Factor pendorong yang mendorong bisnis antara lain factor ekonomi, politik, social, teknologi, environment, dan juga legal and row.
B.      Saran
Dalam berbisnis memerlukan mental yang kuat, pikiran yang positif dan se

Tidak ada komentar:

Posting Komentar